Eurotrip 9 : Exploring Switzerland

Our landing time itu jam 9 malam, jadi hari pertama landing di Zurich. Untuk hotel terdekat dengan airport silahkan baca postingan tentang hotel Zurich.

Hari pertama, kami langsung beli swiss pass di Zurich Airport Station. Kalau kalian gak punya mata uang Swiss Franc juga bisa tuker disini. Gak terlalu antri kok ga usah kawatir bakal habis waktu buat bli swiss pass disana toh mereka jiga pelayananya cepat meski jam sibuk.

Dari Zurich kami naik kereta menuju base menginap kami di Lauterbrunnen. Kenapa Lauterbrunnen? Karena hostel dengan harga termurah saat itu disitu mau sih dikota seperti Luzern tapi yang harga murah habis termasuk ibis.

Dan pilihanya ga bikin nyesel kok, karena daerah Lauterbrunnen ini desa nya sangat memikat. Sepanjang jalan ada pot dengan berbagai bunga cantik, cafe cafe kecil (dengan harga selangit ya) dan pemandangan airterjun tepat dari hostel kami. Beberapa blog menyebutkan kalau si Lauterbrunnen waterfalls ini sangat magical. Ya bener juga sih, aku bisa pulang kalau desa ini emang desa terindah yang pernah aku kunjungi.

Nah setelah 1x transit kami akhirnya turun di Lauterbrunnen, geret koper sekitar 100 meter sampai dihostel.

Setelah sampai kami langsung menjelajah berbagai desa di swiss. Kami pergi ke Lake BrienZ! Lake ini bagus banget, cocok buat duduk santai liat bebek berenang. Kami juga naik Kapal gratis selama 1 jam menikmati panorama pegunungan yang super cantik, lagian selama di kereta juga mabok kegirangan karena viewnya kece badai.

Yang mengejutkan, meski di Netherland kami kedinginan, di swiss di bulan May tidak terlalu dingin. Jadi coatnya ya cmn buat ditenteng2.

Kami pergi mengunjungi berbagai desa dan kota. Sayangnya karena jarak agak jauh kami ga bisa mampir ke Luzern, maybe next time ( kayaknya ga akan ada next time, karena swiss mahal nian).

Ini list kota yang sempat kami datangin ya, Interlaken, Brienz, Murren, Schiltorn Mountain, Lauterbrunnen, lake Thun, Bern, dan Basel.

Trik untuk budget traveller dalam menggunakan swiss pass adalah, kami mulai dari yang terjauh sampai ke tujuan terdekat dengan arah pulang. Kami datang dari Paris jadi kami mengatur agar hari terakhir kami bisa memakai swiss pass untuk mendekatkan kami ke Paris maka kami pakai swiss pass menuju Basel. Dari basel kami naik kereta menuju Paris seharga Idr 500,000.

Day 1, swiss pass kami pakai keliling berbagai kota,

Day 2, kami pakai untuk menuju Schiltorn saat itu kami bayar 50% untuk naik ke Schiltorn view point. Kami berangkat jam 8 pagi dan memakan waktu agak lama ya karena saat turun kami di Murren dan sekalian menikmati pemandangan pedesaan yang instagrammable. Sorenya kami ambil cruise di lake Brienz menuju Thun.

Day 3, kami pakai keliling kota Bern gak recommended sih ini, kota aja dengan townhall khas eropa yg bisa diliat dimanapun. Plus harganya juga selangit.setelah sore tiba kami menuju lokasi terakhir ke Basel. Untuk menginap 1 malam dan lanjut ke kota Paris.

Kalau tertarik itinerary nya, saya bisa kirim dalam bentuk excell, kasih aja alamat email di comment ya.