Planning Japan Trip

Merencanakan liburan buat beberapa orang (seperti suami saya) bikin pusing. Tapi buat saya ini sangat menyenangkan dan saya selalu antusias buat jadi travel planner.

Jadi ceritanya suami dapat recognize employee award hadiahnya cash. Kepikiran langsung buat beli ticket ke Jepang karena ni bucket list suami sih. Kita langsung intip skyscanner.com setiap hari ya, sampai dapat yang cocok. Akhirnya bulan April dapat tiket murah dengan JAL pp Rp.6jt (Jakarta Tokyo-Tokyo Sapporo dan Tokyo Jakarta).

Tips cari harga tiket di Selasa dan Rabu harga cenderung agak turun.

Nah apa aja sih yang perlu diperhatikan untuk bikin perencanaan jalan ke Jepang itu:

1. Tiket promo

2. Musim yg dimau, kami pilih early autumn di oktober (karena mau liat flower farm yang habis di mid oktober)

3. Tempang menginap, harga hotel di Jepang itu super mahal jadi kami memilih airbnb, (tips pilih airbnb liat komen orang2 tentang unit yang disewakan tersebut apakah gampang diakses dengan kendaraan umum).

4. Transportasi – sistem metro di Jepang saking canggihnya bisa bikin stress dan bingung, jangan takut gunakan google map jadi kamu perhatikan harus keluar dari exit berapa dari stasiun tertentu dan ambil kereta di platform berapa.

5. Destinasi wisata. Di Jepang ada banyak destinasi wisata berbayar dan gratis. Misalnya, di Sapporo kami pergi ke beberapa flower farm gratis akses masuk, taman bermain theme coklat gratis tapi ke Disney sea bayar ya.

6. Uang cash. Restoran di Jepang jarang sekali menerima kartu kredit ( baca: kirejitokado), mereka prefer cash, jangan takut kalau uang tunai kamu habis, kamu bisa ambil cash di atm.

7. Landtour. Pertimbangkan opsi ini ya, karena transport disana itu mahal jadi kalau ada tempat yang susah dijangkau pertimbangkan landtour kamu bisa beli dari Indonesia di klook.com kadang juga ada promo jadi bisa untung banyak. Misalnya, saya bli tour ke dua kota asahikawa dan furano seharga 1jt per orang kalau pakai kereta bisa 1,6jt blum sambung bus dan taksi karena kendaraan umum tidak sampai ke semua destinasi wisata.

8. Outfit sesuaikan musim ya, banyak airbnb sediakan mesin cuci sehingga tidak perlu bawa banyak pakaian dan bisa cuci baju 😋

9. Gunakan excel sheet, hahaha ini trik terakhir hanya kebiasaan saya karena suka sekali dengan excel sheet jadi rapi da itinerary perjalananya lebih mudah dibaca.

10. JR Pass. Apa itu JR Pass bisa google ya. Saran saya sebelum bli JR Pass bandingkandulu semua destinasi wisata, karena kalau seperti saya rugi bli JR Pass hanya dipakai Tokyo Osaka return, kalau m untung pergi ke banyak lokasi.

Sekian tipsnya nanti saya akan buat laggi cerita tentang perjalanan ke Jepang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s